Selamat Datang di Website Resmi SMP Islam Al-Irsyad Gandrungmangu. Visi: Unggul dalam Prestasi, Tangguh dalam Iman dan Takwa Ekskul Tata Boga - Es Lidah Buaya ala siswa siswi SMP Islam Al-Irsyad Gandrungmangu ~ SMP AL-IRSYAD GANDRUNGMANGU

About

**** SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI SMP ISLAM AL-IRSYAD GANDRUNGMANGU **** - http://smpalirsyadgandrungmangu-cilacap.blogspot.com -

text-align:center

Wednesday, May 29, 2013

Ekskul Tata Boga - Es Lidah Buaya ala siswa siswi SMP Islam Al-Irsyad Gandrungmangu


Kegiatan ekstrakurikuler merupakan kegiatan tambahan di luar jam pelajaran guna menyalurkan dan mengembangkan potensi diri serta minat dan bakat para siswa. Ekstrakurikuler dapat digunakan sebagai media untuk mempraktikkan ataupun mengaplikasikan teori teori dalam pembelajaran di sekolah. Baik itu di bidang akademik maupun non akademik.


DDalam ekstrakurikuler, kami mengajari siswa berwirausaha dengan belajar memproduksi es lidah buaya dalam media belajar yakni melalui ekstrakurikuler Tata Boga yang diampu oleh Ustadzah Suwartini. Meski sangat sederhana, keahlian membuat es ini bisa dimanfaatkan oleh para siswa dan siswi tersebut kelak setelah lulus untuk berwirausaha. 

Membuat es menjadi salah satu materi yang diajarkan dalam bentuk ekstrakurikuler Tata Boga di SMP Islam Al-Irsyad Gandrungmangu, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah. Walaupun terlihat sepele, para siswa di sekolah tersebut tampak antusias mengikuti ekstrakurikuler membuat es lidah buaya ini. 

Sempat kesulitan di awal proses, namun mereka akhirnya menguasai teknik pembuatan es ini. Hasil kreativitas mereka tidak sementara ini memang untuk dikonsumsi sendiri, Dalam artian bahwa karya mereka tidak dikomersialkan, . Diharapkan dikemudian hari siswa dapat mempraktikkan di rumah untuk acara sendiri ataupun untuk diperjualbelikan. 


Pihak sekolah berharap, keberadaan ekstrakurikuler pembuatan es ini dapat mendorong kemandirian siswa. Kelak, siswa-siswi yang lulus tidak ada yang tidak bekerja, baik bekerja pada perusahaan orang lain, maupun membuka lapangan usaha sendiri. 


Berikut foto proses dan hasil yang kami hasilkan.
















0 comments:

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungan Anda, Silahkan tuliskan komentar Anda atas tulisan kami. Terus berikan kritik dan saran anda untuk terus memajukan SMP Islam Al-Irsyad Gandrungmangu Cilacap.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...